Selasa, 10 September 2013

Trik Kampret di Film Horor

Dibalik muka ganteng dan ramah
gue, gue mau ngaku ke kalian kalo
gue ini pecinta film horror.
Terutama, film-film horror Thailand,
atau setidaknya film horror Asia.

Menurut gue, film horror barat itu
kurang serem. Kenapa begitu?
Soalnya hantu-hantu di barat itu
mau dikasih make-up serem kayak
apa juga tetep keliatan cakep.
Hidung mancung, rambut pirang,
kulit putih, bukannya takut, kalo
ketemu hantu bule, gue malah
pengin ngajakin poto bareng di
Candi borobudur. (Dikira turis
kaleeee..)

Sedangkan film horror Indonesia,
gue cuma demen film-film horror
taun 80-90an, yang angkatan
2000an cuma film KERAMAT.
Pasalnya, film-film horror Indonesia
yang sekarang, emang sih setannya
maksimal banget dandan seremnya,
tapi tokoh yang dikejar setannya
juga maksimal banget ukuran dada
yang dipamerin. Jadi kalo nonton
film itu, gue bakal bingung buat
takut kehilangan nyali pas liat
setannya, atau takut kehilangan
iman pas liat dada pemain yang
mental-mental saat dia lari.

Nah, saking seringnya gue nonton
film horror, gue jadi hafal beberapa
logika cerita di film horror yang gue
sering lihat. Meskipun filmnya
beda-beda, ternyata mereka masih
make trik yang itu-itu aja demi
membuat penonton merasa tegang.

Dan yuaaps.. Malem ini Diendin bakal
sharing soal beberapa logika dan
trik basi yang ada di dalam film-
film horror. So, menurut gue, film
horror yang masih make scene-
scene di bawah ini, adalah film-
film yang GAGAL bikin gue merasa
merinding. Justru malah bikin gue
ngomel-ngomel sendiri di depan
tipi kayak ibu-ibu yang lagi nonton
sinetron pas tokoh protagonisnya
masuk ke perangkap si tokoh
antagonis.

Apa aja logika Kampreeet itu? Let’s
cekidot!

Lampu Mati

Adegan ini dimulai dengan si tokoh
bernama Supri yang sedang sibuk
ngeden di Jamban. Terus dalam
khusuknya dia ngeden, tiba-tiba
lampu mati, dan musik orkestra
dengan nada minor mengalun.
Supri panik, dia pun buru-buru
menyiram toilet. Tapi karena
saluran air juga mati, dia mencari
cara lain untuk menyiram toiletnya.
Dia ngeludahin toiletnya secara
bertubi-tubi, dengan harapan
pupnya bisa tenggelam. Suasana
semakin mencekam, karena mulut
Supri sudah kering, tapi pupnya
nggak tenggelam-tenggelam.

Oke.. Dengan scene seperti itu,
mungkin si sutradara berharap
penonton bakal ikut merasa
tegang. Tapi nggak buat gue! Gue
sama sekali nggak bakal kaget
dengan adegan mati lampu.
Kenapa?! Karena gue udah sering
banget ngalamin kejadian itu di
kehidupan nyata! Kayak nggak
ngerti aja gimana sifat PLN
Indonesia. Hih!

Denger Suara Aneh

Setelah Supri bersusah payah
menyiram toilet dengan keadaan
mati lampu, Supri bergegas keluar
dari toilet buat ngecek apa yang
bikin listrik padam. Dia berjalan
dalam kegelapan, menuju ke
tempat sekring. Tapi di tengah
perjalanan, tepatnya di dapur, dia
melihat setan Wewe Gombel yang
konon seram karena dadanya
panjang. Ya, Supri melihat sesosok
setan berdada panjang. Lebih
panjang dari dada Julia Perez yang
tumpeh-tumpeh itu. Setan itu
mendekati Supri sambil menyeret-
nyeret dadanya yang kejepit kaki
meja. Supri berlari karena
ketakutan dan mencoba
bersembunyi. Sesaat setelah dia
bersembunyi, Supri mulai merasa
tenang karena tidak ada lagi
tanda-tanda adanya setan Wewe
Gombel tadi.
Baru saja Supri mencoba untuk
menghela nafas, Supri mendengar
suara wanita menangis. Dari
tangisannya, bisa dikenali kalo
wanita itu abis kena PHP sama
cowok playboy. Tangisannya dalam,
hampir tak bersuara. Hanya
terdengar suara dari ujung
kerongkongan saja. Harusnya, bagi
orang yang abis ngeliat setan, kalo
denger suara aneh, orang itu bakal
lari menjauh. Tapi tidak di adegan
ini, Supri malah mendekat dan
mencari-cari dari mana sumber
suara tangisan tadi dengan
harapan dia bakal nemu jodoh di
sana.

Nggak logis! Sumpah ini
nggak logis! Logika kayak gini yang
bikin gue males nonton pilem
horror. Kalo pas nonton film horror
yang adegan kayak gininya, bakal
gue skip dulu. Gue cepetin ke
adegan yang lebih seru. Misal:
Setannya masuk ke tubuh orang,
terus diinterogasi sama kyai-kyai.
Orang yang kesurupan keliatan
ganas, bersuara mirip banci yang
keselek kipas angin. Tapi dibalik
penampilan ganasnya, setan itu
bisa dengan tertib jawabin
pertanyaan-pertanyaan sang kyai.
Itu seru.

Lari Ke Tempat Sepi

Setelah Supri mencari sumber
suara tangisan tadi, Supri
mendapati seorang wanita yang
terduduk di atas jamban sambil
menangis dan memegangi
pantatnya. Wanita itu menangis
tapi tak mengeluarkan air mata.
Justru keluar darah deras dari
matanya. Supri kaget, Supri
ketakutan. Lalu demi keselamatan
jiwanya, Supri berlari ke......
kuburan.

Ini salah satu adegan basi yang
bikin gue bete pas nonton film
horror. Kalo mau bikin adegan yang
menegangkan, logis dikit kek. Kalo
orang ketakutan itu ya, bakal lari
nyamperin temen, atau pergi ke
keramaian di mana banyak orang
dan setan nggak bakal berani
nampakin diri. Bisa ngabur ke
Starbucks kek, Mall kek, atau ke
Masjidil Haram kek. Ini malah
larinya ke kuburan. Sama aja kayak
orang kabur dari singa kelaparan,
terus nyemplung ke kolam penuh
buaya. Pliiiisss Deeeh...

pintu Nutup Sendiri

Di kuburan, karena pengin merasa
aman, Supri berlindung ke sebuah
makam yang ada rumah-
rumahannya. Di sana, dia melihat
ada makam mewah sekali. Luasnya
kurang lebih 10 hektar, dan berisi
1 batu nisan doang. Gue curiga itu
adalah makam orang yang
dermawan. Soalnya kuburannya
luas. Beda sama orang pelit,
kuburannya sempit. Nah.. Supri
masuk ke rumah-rumahan di
makam itu. Dan baru beberapa
langkah dia masuk, tiba-tiba pintu
di rumah-rumahan itu nutup
sendiri, "JDERR!!"

Gue nggak kaget, kampret!! Pak
sutradara, trik-pintu-nutup-sendiri
itu udah pernah gue lihat dari
jaman Fir'aun masih suka jalan di
Mall sambil bawa-bawa kamera
DSLR di leher! Gak bisa bikin trik
yang lebih inovatif apa?! Lagian,
untuk orang modern sekarang,
ngeliat pintu nutup sendiri itu
udah bukan hal yang aneh lagi.
LIAT TUH DI MALL-MALL!! UDAH
BANYAK PINTU YANG BISA
NGEBUKA DAN NUTUP SENDIRI!!
Apa jaman sekarang masih ada,
orang yang ngeliat pintu mall
ngebuka dan nutup sendiri terus
kaget, panik ngeliatin pintu itu
sambil jalan mundur dan
megangin dada karena ketakutan?!
Terus teriak-teriak di Mall "Ampun
setan!! Jangan ganggu saya setan!
AKU TIDAK SELINGKUH DENGAN
SUAMIMU, CARLINTOZ!!" *kesel*

Berpencar

Anggep aja si Supri akhirnya lari
ke rumah temen-temennya. Dia
menceritakan apa yang terjadi
kepadanya di rumah tadi. Temen-
temen Supri nggak percaya, terus
mereka mengajak Supri buat
ngecek masih ada nggak setannya
biar mereka percaya. Sesampainya
di rumah Supri, mereka mendapati
setan Wewe Gombel yang masih
sibuk narik toketnya yang kejepit
kaki meja. Melihat banyak orang
nyamperin dia, si Wewe Gombel
ngamuk dan mengejar mereka.
Nah, bukannya bersatu, Supri dan
teman-temannya malah lari
berpencar-pencar. Hingga akhirnya
Setan itu bisa membantai mereka
satu per satu.

Aduh.. Aduh.. Ini juga ngebetein
buat gue. Kalo emang kondisinya
kayak gitu, kenapa mereka nggak
bersatu kayak Power Rangers?
Setan emang sukanya gitu,
memecah belah kita, biar kita
makin lemah. Kalo Supri dan
teman-temannya bersatu, kan
mereka bisa bagi tugas. Dua orang
megang tangan kanan dan kiri si
Wewe Gombel, dua orang megangin
kaki kanan dan kaki kiri si Wewe
Gombel, terus satu orang lagi
ngebisikin ayat Kursi di telinga si
Wewe Gombel. Kelar urusan.
Dijamin si Wewe Gombel bakal
tobat dan jadi Mu'alaf, terus
ngebuang semua silikon di
dadanya lalu jadi hijaber yang
taat.:p

Cuma Mimpi

Setelah mengalami segala kejadian-
kejadian di atas, Supri akhirnya
ketangkep si Wewe Gombel.
Tubuhnya dijerat pake toket si
Wewe Gombel. Supri tak bisa
melawan, tak bisa berteriak, tak
bisa bergerak, dan tak bisa
bernafas. Hingga akhirnya, dalam
keadaan terjepit seperti itu, Supri
terbangun dari mimpinya.

Yaaps.. Cukup ngebetein buat gue
nonton scene panjang dan
menegangkan, tapi endingnya itu
semua cuma mimpi yang sama
sekali nggak mempengaruhi isi
cerita. Gue curiga, sutradara film
horror yang masukin scene mimpi
nggak penting gitu, cuma pengin
ngepanjang-panjangin durasi
filmnya aja. Hih!

Tapi di antara semua trik Kampret dan
logika basi yang kupreet di atas, gue paling kesel
sama film horror yang kisahnya gak
jelas, di mana setannya asal
ngebantai manusia. Cuma nonjolin
efek serem dan kagetnya tanpa
diimbangi kualitas cerita. Film
horror di mata gue mah setannya
sama aja. Mau diserem-seremin,
dikaget-kagetin, udah wajar.
Namanya juga film horror. Nah,
buat gue, yang jadi patokan film
horror itu menarik atau tidak
adalah di segi ceritanya. Ada
pelajaran moralnya, itu suatu
keharusan.

Dan film-film horror favorit gue itu
adalah film horror yang ceritanya
nge-Twist! Yang endingnya nggak
seperti dugaan kita. Contohnya
kayak film: 4Bia (1&2 yang bagian
4 cowok penakut itu), Coming Soon,
dan Pee Mak. Selain ceritanya
ngetwist, dan serem, ada juga
imbuhan komedinya. Soalnya,
selain bikin jantung deg-degan,
efek komedi di film horror juga
memberikan semacam 'break' biar
kita bisa bernafas lega, untuk
kemudian dikagetin lagi. Seru! :D

"Buat gue, film horror yang paling
horror adalah nonton video jaman
masih bahagia-bahagianya sama
mantan yang sekarang udah nggak
mungkin lagi bisa balikan. Itu
serem, karena itu kisah nyata. Dan
anehnya, nggak pernah ada
keberanian untuk menghapusnya."
*aiiih Sedaaap*
Meskipun kita tau, setiap kali
nonton video itu, kita selalu
merasa tersiksa.

Dan ngomongin soal film horror,
yang jadi pertanyaan gue setiap
kali nonton film horror adalah, Kok
orang yang dibunuh setan itu
nggak jadi setan juga buat balas
dendam ke setan yang ngebunuh
dia, hayoooo?!

Yap! Itu beberapa hasil dari analisa gue
buat film horror yang masih make
trik basi buat bikin penontonnya
merasa merinding.

Buat Pak sutradara and buat semua Crew lain kali Gue ikutan jadi peran utama dong... terserah mau jadi syetan atau jadi Tukang Bubur juga gpp... yang penting lawan main gue Julia Persik...

kalo boleh gue ngasih pendapat.. gimana kalo Judul Film nya "Tukang Bubur Ayam Ganteng kesurupan"
atau "Diendin Tampan Kesetanan"

hihihihi Dasar wewe Gombel Lo Dien.... *BantingToket*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar